Tetap Bahagia Walau Kena “Kanker”

Bagi yang masih single, mengatur keuangan merupakan pelajaran yang harus dikuasai sebelum masuk jenjang pernikahanan, tapi bagaimana kalau mulai masuk tanggal tua? Tidak hanya untuk yang sudah bekerja, kanker atau kantong kering selalu jadi momok buat setiap orang. Rasanya, langit cerah pun terlihat mendung kalau uang di kantong sudah menipis. Padahal kalau kita mau cermat, masih banyak hal yang bisa disyukuri dibalik mengeringnya kantong keuangan kita. Menurut Chris Ruhm, Ph. D, ahli ekonomi dari University of North Carolina, Amerika Serikat, di saat krisis hidup seseorang akan lebih sehat jika dia:

Mengurangi kegiatan hang out di luar rumah. Hal ini akan membuat tubuh kita beristirahat dari pemasukan lemak dari junk food dan kafein dari kopi yang biasa kita minum.

Menghemat biaya rekreasi. Dengan budget yang minim, tentu kita akan memilih obyek wisata yang tidak mengeluarkan banyak biaya.  Piknik di taman bisa kita jadikan alternative rekreasi yang low budget, alternative ini selain murah juga menyehatkan paru-paru kita.

Air putih jadi minuman favorit. Ingin hati sih minum lemon tea tapi apa daya air putih lebih murah meriah daripada minuman yang berwarna. Tahu sendiri kan, air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lebih memilih makan sayur. Awalnya sih hanya untuk penghematan karena harga daging menguras kantong, tapi kalau diperhatikan hal ini justru membuat kita menjalankan program diet yang mungkin selama ini ditunda-tunda.

Banyak waktu di rumah. Bayangkan waktu bersama keluarga yang bisa kita lakukan di rumah, juga luangkan waktu untuk membaca buku, mendengarkan musik atau melakukan hobi lainnya. Anda bisa menebus waktu keluarga yang selama ini Anda gunakan atau memiliki waktu eksklusif untuk diri Anda sendiri.

Kreatif untuk Mendapat Uang. Banyaknya waktu luang, bisa Anda jadikan waktu untuk berkarya. Mungkin hobo yang selama ini Anda sepelekan bisa menjadi cara untuk mendapat pemasukan uang. Anda juga bisa membongkar lemari dan membuat garage sale.

Alkitab mengingatkan kita untuk mengucap syukur dalam segala hal, baik dalam waktu suka maupun duka. Jangan menggantungkan sukacita kita kepada uang, karena kita harus bisa berkuasa akan uang tersebut. Semoga tips diatas akan membuat Anda tidak diperhamba oleh uang.

Sumber : gadis/vn

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s