Sushil Kumar, Slumdog Millionaire Dalam Kehidupan Nyata

Seorang pria miskin di daerah terpencil India menjadi orang pertama yang memenangkan hadiah 1 juta dolar dalam sebuah acara televisi, mirip kejadian dalam film Slumdog Millionaire.

Pria yang bernama Sushil Kumar ini untuk menonton acara televisi favoritnya “Who Wants to Be Millionaire” harus pergi ke rumah tetangga karena tidak memiliki televisi sendiri. Sebagai pegawai pemerintahan di desa, ia hanya berpenghasilan 120 dolar per bulannya. Untuk menambah penghasilannya ia memberikan les privat. Ketika menonton kuis di televisi, ia selalu menjawab dengan benar setiap pertanyaan, hal itu membuat tetaangganya menyarankan agar ia mengikuti kuis tersebut.

Kumar yang istrinya sedang mengandung lima bulan ini memiliki rencana yang sederhana ketika menginjakkan kaki untuk pertama kalinya ke kota Mumbai, menghasilkan uang. Hebatnya, ia berhasil mewujudkan tujuannya itu. Ia menorehkan sejarah saat bintang film kawakan India Amitabh Bachchan yang menjadi host acara tersebut menyerahkan cek 50 juta rupee atau senilai 1 juta dolar.

“Anda telah membuat sejarah,” demikian ungkap Bachchan. “Kemampuan dan tekad Anda telah membuat Anda berhasil sampai sejauh ini dalam acara ini.”

Kumar yang berusia 26 tahun ini mengatakan kepada pemirsa televisi bahwa keluarganya begti miskin, ia akan menggunakan uang tersebut untuk melakukan persiapan ujian pegawai sipil sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, selain itu akan membelikan rumah untuk istrinya serta membayar hutang-hutang orangtuanya. Selain itu Kumar juga akan memberikan modal kepada saudara-saudaranya supaya bisa memulai usaha kecil dan juga membangun sebuah perpustaan di Motihari, desa tempat tinggalnya. Ia ingin agar anak-anak di desanya bisa mengakses buku dan pengetahuan seperti yang ia dambakan.

Kemiskinan tidak seharusnya menjadi alasan untuk berhenti bermimpi. Ada banyak kesempatan yang Tuhan sediakan untuk setiap orang yang mau berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya. Terkadang caranya bahkan diluar pikiran kita, contohnya adalah apa yang dialami oleh Kumar. Kecintaannya untuk belajar dan membaca buku, membuatnya berhasil mencapai sesuatu yang dulu ia anggap sebagai kemustahilan.

Sumber : ABC News

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s