Iklan Malaikat Jatuh Singgung Masyarakat Kristen

Sebuah iklan deodoran yang juga tayang di Indonesia, di larang tayang di Afrika Selatan karena mendapatkan pengaduan dari umat Kristen. Iklan yang menayangkan dimana para malaikat perempuan jatuh dari langit dan seperti tersedot oleh wanginya seorang pria muda tersebut dianggap telah melecehkan malaikat sebagai pembawa pesan Tuhan.

“Masalahnya bukan karena menggunakan simbol malaikat dalam tayangan komersial, namun iklan ini telah mengikis sifat surgawi malaikat,” demikian pernyataan resmi Otoritas Standar Periklanan Afrika Selatan (ASA) yang dikutip oleh TempoInteraktif.com. “Malaikat digambarkan jatuh dari langit atau surga karena hal fana, tertarik dengan pria muda.”

Undang-undang di Afrika Selatan memang mengakomodasi protes dari masyarakat tersebut, UU Penyiaran Afrika Selatan menyatakan bahwa iklan dilarang menyinggung perasaan, melanggar susila, dan melanggar nilai-nilai masyarakat. Selain itu ASA juga menyatakan bahwa Afrika Selatan memiliki beragam budaya, agama dan kepercayaan. Untuk itu keragaman tersebut harus dijaga.

Indonesia serupa dengan Afrika Selatan sebagai negara yang penuh keragaman dan kebhinekaan dalam agama, kepercayaan, budaya dan bahasa. Seharusnya Negeri ini juga memiliki undang-undang yang ketat sehingga tidak ada tayangan serupa yang menyinggung umat atau agama tertentu. Sayangnya, hingga saat ini iklan tersebut tetap tayang di negeri ini dan tidak ada satu pihakpun yang merasa tersinggung dengan keberadaan iklan tersebut.

Sumber : Tempo Interaktif/Puji Astuti

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s