8 Tips Menolak Cinta Secara Halus

Jika kehidupan cinta Anda banyak mengalami kegagalan, Anda mungkin akan lebih banyak diam saat ingin agar orang lain tahu bahwa Anda mencintai mereka. Tapi bagaimana jika sebaliknya, jika orang lain menyatakan cinta kepada Anda sedangkan Anda tahu Anda tidak merasakan yang sama atau memang belum yakin? Apakah jujur merupakan jawaban yang paling bijak, atau dapatkah Anda mengecewakan seseorang secara halus? Berikut ini adalah beberapa saran yang dapat Anda katakan ketika Anda diperhadapkan pada situasi tersebut.

1. Seandainya Saya Dapat Mengatakan Yang Sama

Hal ini mungkin tampak sedikit brutal dan harus dikatakan dengan hati-hati. Berikan penjelasan bahwa Anda seusungguhnya tidak memiliki perasaan yang sama dengannya, dan ia pun akan tahu dimana posisinya di hati Anda. Mengatakannya dengan nada yang tepat mungkin dapat berhasil, namun jika Anda mengatakannya dengan sangat blak-blakan, hal itu mungkin menyakitkan.

2. Saya Tidak Dapat Melihat Diri Saya Memiliki Perasaan Itu

Jika Anda benar-benar yakin Anda tidak akan pernah jatuh cinta dengannya, maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berkata jujur mengenai hal itu. Dengan mengetahui hal ini mereka memiliki pilihan untuk berpaling ke lain hati daripada terus hidup dalam pengharapan yang tak akan pernah terwujud. Sekali lagi, bersikap sopanlah dalam cara Anda mengatakan hal ini!

3. Saya Pikir Saya Tidak Dapat Memberikan Apa Yang Engkau Inginkan

Sekali lagi jika Anda yakin bahwa Anda tidak akan pernah jatuh cinta kepadanya, jujurlah mengenai hal itu. Keheningan yang mematikan ataupun kebohongan tidak akan menyelesaikan permasalahan. Bagaimana perasaan Anda jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa mereka mencintai Anda namun sebenarnya tidak demikian adanya?

4. Saya Belum Yakin Dengan Apa Yang Saya Rasakan

Mengatakan hal ini berpotensi mengundang resiko, karena orang lain mungkin akan menganggapnya bahwa Anda mencoba untuk menggantung mereka. Namun, rasa cinta itu memang tidak selalu terjadi secara bersamaan, jadi jika mereka cukup sabar untuk menunggu dan melihat, maka Anda dapat memberikan jawaban pasti ketika waktunya tepat.

5. Saya Belum Siap Memiliki Hubungan Yang Berkomitmen

Terkadang orang-orang dapat mengejutkan Anda, dan terlalu dini mengatakan bahwa mereka mencintai Anda. Jika Anda belum siap untuk berkomitmen, maka katakanlah apa adanya. Jika tampaknya mereka adalah tipe orang yang mudah jatuh cinta, mungkin lebih baik bagi Anda untuk menjaga jarak.

6. Tidak Ada Kesempatan

Jika seseorang yang belum Anda kenal dekat mengatakan bahwa mereka mencintai Anda, katakan dengan sejelas mungkin tidak akan terjadi apa-apa di antara Anda berdua. Berbalik merasa kasihan kepadanya hanya akan membuat dirinya mengambil keuntungan dari sikap lembut Anda. Jadi katakan saja tidak ada kesempatan dan bertahanlah dengan hal itu.

7. Saya Peduli Kepadamu Tapi Saya Tidak Mencintaimu

Ini merupakan respon yang baik jika seseorang memaksa Anda untuk merespon dengan jawaban “Saya juga mencintaimu” sedangkan Anda tahu Anda tidak akan jatuh cinta kepada mereka. Ini bukanlah jawaban yang ingin mereka dengar, dan mungkin akan membuat mereka merasa sangat kecewa, tetapi tidak seharusnya Anda dipaksa untuk berbohong.

8. Saya Ingin Menunggu Sampai Saya Benar-Benar Yakin

Jika Anda pikir Anda mungkin bisa jatuh cinta kepadanya di masa yang akan datang, maka katakan kepada mereka bahwa Anda perlu menunggu sampai Anda dapat mengatakannya dengan tulus dan sungguh-sungguh. Jika mereka benar-benar mencintai Anda, maka mereka akan siap menunggu sampai Anda siap.

Jangan pernah berbohong dan mengatakan bahwa Anda mencintai seseorang jika ternyata tidak demikian kenyataannya. Hal itu akan sangat menyakitkan bagi mereka ketika mereka menyadari kebenarannya, dan Anda beresiko terjebak dalam hubungan yang tidak akan membuat Anda bahagia.

Tinggalkan Balasan

