Hati-hati, Sepatu High Hell Sebabkan Osteoarthritis!

Sebagian besar wanita rela menderita untuk tampil cantik, salah satunya adalah dengan memakai sepatu bertumit tinggi atau high heel. Padahal menurut peneliti, sepatu bertumit tinggi ini selain merusak saraf yang ada pada kaki juga membuat pemakainya mengalami osteoarthritis.

Beberapa peneliti dari Iowa State University melakukan penelitian terhadap dampak sepatu bertumit tinggi. Sepatu-sepatu high hells yang biasanya berharga mahal tersebut ternyata mengirimkan gelombang kejut dari tumit ke seluruh tubuh dan memberikan tekanan yang besar kepada lutut.

Danielle Barkema yang melakukan penelitian ini untuk tesisnya di SPI mengatakan bahwa mereka yang menggunakan high hells beresiko besar mengalami osteoarthritis. Semakin tinggi tumit sepatu, maka resikonya semakin tinggi.

Barkema yang melakukan penelitian bersama Profesor Phil Martin ii meneliti beberapa sepatu – datar, dua inchi, dan 3,5 inchi – yang digunakan oleh 15 orang wanita yang bekerja. Penelitian yang menggunakan sensor accelerometer dan kamera dengan daya tangkap tinggi ini menemukan bahwa sepatu berhak tinggi mengubah cara berjalan seperti menajadi lebih lambat atau langkahnya yang pendek-pendek. Selain itu, sepatu dengan tumit tinggi memberikan degenerasi sendi dan osteoarthritis lutut. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakan sepatu berhak tinggi. Tampil cantik? Tentu saja harus, namun harus tetap menjaga kesehatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s