Sekolah di AS Cegah Plagiarisme Dengan Teknologi

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat segala sesuatu yang dulunya mungkin sulit dilakukan manusia lewat sistem manual, kini bisa dengan mudah dilakukan.

Demi untuk mengatasi persoalan contek-mencontek di kalangan mahasiswa, para pengajar di perguruan tinggi yang ada di Orlando, Amerika Serikat kini memberlakukan kebijakan baru dimana setiap mahasiswa baru yang akan memilih teman sekamar dan mata pelajaran diharuskan menyelesaikan tutorial secara online tentang plagiarisme sebelum mereka masuk kuliah.

Seperti diberitakan New York Times, Jumat (9/7), mereka yang ketahuan menyalin karya orang lain baik dari internet maupun langsung dari rekannya akan diberikan sanksi oleh pihak perguruan tinggi.

Sementara itu, peneliti asal Amerika Serikat (AS), Donald L McCabe mengeluarkan hasil survei yang mengejutkan dimana dari 14 ribu mahasiswa strata-1, rata-rata 61 persen responden mengakui pernah curang dalam mengerjakan tugas dan ujian.

Salah satu layanan anti-plagiarisme yang cukup terkenal dan digunakan oleh banyak sekolah maupun universitas di AS adalah Turnitin.com. Situs ini dipercaya oleh kalangan dunia pendidikan di negara Presiden Obama karena ketepatannya dalam menunjukkan apakah karya itu merupakan contekan atau benar-benar buah pikiran mahasiswa itu sendiri.Sepertinya ini perlu ditiru oleh pemerintah Indonesia bila ingin mencetak anak-anak bangsa yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan dunia luar. Mari manfaatkanlah teknologi untuk kemajuan negara kita bersama.

Source : okezone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s