Jangan Coba Ubah “Si Dia”

Jika Anda seorang wanita singel, jangan pernah berpikir untuk mengubah pasangan Anda, sekalipun Anda telah yakin akan menikah dengannya. Terimalah dirinya apa adanya, jika tidak bisa carilah yang lain.

Jika pasangan Anda tidak sesuai dengan kriteria yang  Anda inginkan – kebiasaan, pribadinya, prilakunya, pandangan hidupnya, atau apapun itu – maka Anda perlu menanyakan pada diri Anda apakah Anda bisa hidup dengan pria seperti itu seumur hidup Anda. Jika tidak, maka silahkan lanjutkan ke antrian yang berikutnya, dan berikutnya dan berikutnya lagi.

Perbedaan adalah salah satu pemicu perceraian atau perpisahan yang umum. Namun seharusnya hal itu sudah menjadi konsekuensi dari pilihan awal saat masih membangun hubungan pra nikah.

Contohnya, Anda tidak suka pacar Anda naik motor karena hal itu berbahaya. Namun bagi dia hal tersebut sangat gaya. Pilihannya, Anda harus bisa menerima kecintaannya pada kendaraan bermotor atau meninggalkannya.

Mencoba mengubah orang lain hanyalah akan membuat Anda mengalami kehidupan yang sangat menyiksa. Anda akan semakin sering mengeluh, menangis dan sedih, bahkan tidak jarang merasa bersalah.

Mungkin awalnya Anda yakin bahwa akan bisa mengubah si dia, namun dengan berjalannya waktu Anda akan menyadari bahwa hal itu adalah sesuatu yang sulit bahkan bisa dikatan mustahil. Jika Anda berusaha mengubahnya, hal tersebut juga akan membuat Anda mengalami konflik dengannya. Dia akan merasa tidak dikasihi apa adanya. Lama kelamaan, pasangan Anda bahkan bisa membenci Anda karena tidak bisa menerima dirinya apa adanya.

Bukannya tidak mungkin, pasangan Anda tersebut akan sekedar berpura-pura berubah di depan Anda atau berbohong demi menyenangkan Anda. Jika ada kemungkinan kecil saja, maka dirinya akan berusaha menyelinap untuk bisa menjadi siapa dirinya. Dan ketika Anda tahu hal itu, maka semua itu akan lebih menyakitkan.

Banyak orang masuk dalam perangkap ini, dan membuat kedua pihak terluka namun tidak dapat keluar. Mereka saling berbohong, kecewa dan saling menudingkan jari untuk mencari siapa yang salah. Hindari perangkap ini dari awal! Cintailah pasangan Anda apa adanya, dan bukannya mengubah mereka menjadi seperti yang Anda mau. Jika Anda tidak bisa, maka berdoalah agar Tuhan membimbing Anda menemukan pasangan yang tepat bagi diri Anda.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi para wanita, karena tidak jarang pria juga sering berusaha mengubah pasangannya untuk menjadi seperti ibunya, seperti neneknya, atau seperti wanita ideal yang ia bayangkan. Hentikan semua fantasi itu! Pasangan Anda adalah pribadi yang unik, yang tidak bisa Anda bandingkan dengan siapapun. Kasihilah dia apa adanya.

Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”, kamu berbuat baik. Yakobus 2:8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s