Ditemukan Kitab Injil Kuno Asal Etiopia

Sebuah ilustrasi Kristen yang sangat kuno ditemukan disebuah biara terpencil di Etiopia dan disimpan oleh sebuah badan amal asal  Inggris. Nama transkrip kuno itu adalah “Garima Gospel”, yang menunjuk pada seorang pendeta yang sampai di negara Afrika pada abad ke 5 dan diceritakan dapat menyalin kitab Injil hanya dalam satu hari.

Gambar-gambar ilustrasi dalam kitab tersebut sangat indah dan masih terlihat terpelihara dengan baik, pujian patut diberikan kepada Ethiopian Heritage Fund yang melakukannya.

Abba Garima diperkirakan datang dari Constantinopel pada tahun 494 AD dan legenda mengatakan bahwa dirinya bisa menyalin kitab Injil dalam satu hari karena Tuhan menunda terbenamnya matahari.

Biara Garima berada di utara Etiopia di daerah Tigray pada ketinggian 7000 kaki. Para ahli percaya bahwa transcript ini merupakan bundelan buku paling kuno yang masih melekat pada halaman aslinya.

Bagaimana kitab Garima ini bisa bertahan juga merupakan cerita yang mengagumkan mengingat negara tersebut pernah berada dalam invasi kaum Muslim, juga pernah dijajah oleh Italia, serta biara tersebut pernah mengalami kebakaran pada tahun 1930-an.

Kitab Injil ini ditulis diatas kulit kambing Afrika, atau dalam sebutan aslinya bernama Ge’ez. Ada dua buku yang ditulis pada tanggal yang sama namun dengan dua jenis tulisan yang berbeda. Keduanya di hiasi dengan gambar ilustrasi dan berisi ke empat kitab Injil.

Berdasarkan data karbon, traskrip itu diperkirakan dibuat antara tahun 330 dan 650 – yang artinya berbeda dengan tahun kedatangan Abba Garima ke Etiopia. Jadi kemungkinan buku pertama memang di bawa oleh Abba Garima ketika memasuki Afrika.

Kini kedua kitab tersebut di simpan di museum biara, sehingga pada pengunjung dapat melihatnya.

Penemuan kitab Injil ini menunjukkan bahwa benua Afrika telah menjadi tujuan penginjilan sejak jaman dulu, dan bagaimana berita Injil tak lekang dimakan oleh jaman. Panggilan untuk memberitakan kabar baik yang dijalani oleh Abba Garima, kini juga menjadi panggilan bagi setiap orang percaya. Mari beritakan Injil hingga kedatangan Tuhan yang kedua kali tiba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s