Mendapatkan Pekerjaan Yang Baik, Mungkinkah?

Mendapatkan pekerjaan adalah sebuah situasi paling stres bagi mereka yang sedang membutuhkannya. Hal utama yang perlu diingat saat mencari pekerjaan adalah jangan biarkan diri Anda dilanda stres.

Saat mencari pekerjaan, pastikan bahwa Anda percaya diri. Jika Anda menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan pekerjaan itu, kemungkinan besar Anda memang pasti bisa. Jangan batasi diri Anda di satu bidang pekerjaan saja, tapi cobalah untuk melamar banyak pekerjaan dengan mengisi formulir aplikasi sebanyak mungkin. Sekali lagi, jangan batasi diri Anda sendiri.

Mencari pekerjaan adalah bagian yang terpenting, dan setiap kita pada akhirnya harus menghadapi kenyataan ini. Bebeapa sarana yang dapat menolong Anda untuk menemukan pekerjaan adalah: melalui surat kabar lokal, iklan lowongan kerja, lingkari pekerjaan yang Anda inginkan lalu kirim resume Anda melalui faks atau telepon perusahaan tersebut sesegera mungkin. Jangan tunda untuk melakukan hal ini, karena jiika Anda melakukannya, mungkin saja Anda akan kehilangan kesempatan sekali seumur hidup. Sarana lain yang bisa Anda gunakan untuk menemukan pekerjaan adalah melalui internet, yang juga dikenal sebagai world wide web (WWW). Masukkan kata kunci jenis pekerjaan pada search engine atau pekerjaan spesifik yang sedang Anda cari, maka Anda akan menemukan banyak pilihan hasil di sana.

Beberapa pekerjaan tidak akan muncul begitu saja di hadapan Anda. Anda harus berusaha mencarinya. Jika Anda teringat seorang teman yang bekerja di bidang yang Anda minati, bicarakan pada mereka. Mereka biasanya dapat membantu Anda dalam pencarian Anda, bahkan mungkin memberikan Anda pekerjaan atau karir yang akan Anda cintai dan nikmati.

Ingatlah untuk selalu mencoba dan memilih pekerjaan yang Anda akan minati. Jika Anda menikmati pekerjaan yang Anda jalani, Anda sebenarnya sedang tidak bekerja seharipun dalam hidup Anda melainkan sedang menikmati hidup.

Jika Anda masih kuliah, banyak kampus yang menawarkan pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan sambil kuliah. Cari informasi juga jika ada beasiswa pelajar atau mahasiswa yang sedang ditawarkan.

Ketika Anda melamar pekerjaan melalui koran atau lowongan kerja yang tertempel di jendela, ada beberapa pedoman sederhana yang perlu Anda ingat:

Buatlah resume Anda dengan rapi dan singkat, satu halaman sudah lebih dari cukup. Jika resume Anda terlihat terlalu panjang dan tampak mencolok, seringkali resume Anda malah akan diabaikan. Sekali lagi, miliki kepercayaan diri, merasa yakin bahwa Anda dapat melakukannya dan akan mendapatkan pekerjaan itu. Buatlah sebanyak mungkin daftar referensi yang Anda miliki dan lampirkan dalam resume Anda.

Dress for success. Mungkin Anda pernah mendengar hal ini sebelumnya, tapi itu memang benar. Kenakan pakaian yang bagus dan pantas untuk pekerjaan tersebut. Selalu tersenyum. Di akhir interview, jabat tangan pewawancara dengan tegas.

Saat mencari pekerjaan ingatlah untuk mengikuti ketertarikan Anda secara pribadi dan jangan batasi diri Anda sendiri. Pencarian pekerjaan mungkin berlangsung agak lama, kadang-kadang memakan waktu beberapa bulan atau lebih, tetapi tidak akan pernah berhenti sampai Anda menemukan karir yang cocok bagi Anda. Selalu kendalikan hidup Anda.

2 pemikiran pada “Mendapatkan Pekerjaan Yang Baik, Mungkinkah?

  1. Bila Anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda, mulailah dari informasi ini. Anda akan tampil dengan bakat Anda untuk menjadi seorang pemenang.

    Keep the spirit…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s