Tidak Menyerah Dengan Kegagalan

Kegagalan adalah batu lompatan menuju kesuksesan, banyak orang tahu kebenaran ini namun kegagalan masih menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi siapapun.

Ketika seorang bayi lahir di dunia ini, dia sudah harus bergumul dengan kegagalan. Mulai dengan salah mengikuti kata-kata, bayi belajar bicara. Mulai dari merangkak dan berkali-kali jatuh, seorang anak belajr berjalan. Rasa sakit demi rasa sakit dilalui, dengan bertambahnya hari dan menjadi dewasa, manusia belajar bahwa kegagalan itu sakit namun tidak ingat bahwa kegagalan demi kegagalan itulah yang membawa mereka menuju keberhasilan.

Dalam dunia kerja dan meniti karir ataupun bisnis, kegagalan adalah bagian dari proses menuju keberhasilan. Sebuah riset menunjukkan bahwa para wirausahawan rata-rata mengalami kegagalan 3.8 kali sebelum akhirnya berhasil membangun sebuah bisnis. Mereka tahu setiap kali membuat tiga langkah maju, mereka akan mengalami dua langkah mundur. Tapi hasilnya tetap lebih baik dari pada tidak pernah mencoba sama sekali, mereka berhasil membuat satu langkah maju.

Jika Anda bisa memutuskan bahwa “kegagalan” adalah bagian dari kemajuan Anda, Anda akan dipisahkan dari orang kebanyakan dan mulai masuk dalam kategori orang yang memiliki potensi untuk meraih hal-hal besar.

Hal ini seperti yang Thomas Alfa Edison pernah katakan, “Kebanyakan orang yang gagal adalah orang yang tidak menyadari bahwa mereka begitu dekat dengan keberhasilan sebelum mereka menyerah.” Jangan perlakukan kegagalan seperti penyakit menular. Kegagalan adalah bunyi gemerincing dari kesuksesan Anda. Ketika Anda gagal, itu tandanya bahwa keberhasilan sudah dekat.

Raja Salomo menuliskan dalam kitab Amsal seperti ini, “Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.” (Amsal 24:10). Masa-masa sulit memang bukanlah sesuatu yang menyenangkan, namun hal tersebut pasti bisa Anda lalui. Jadi, jangan putus asa ketika kegagalan Anda alami, teruslah berusaha karena Anda akan pasti menuai keberhasilan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s