Motor Tenaga Elpiji Hasil Karya Siswa Lamongan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lamongan melangsungkan pameran karya siswa yang diadakan di Lamongan Plaza. Aris Wibawa selaku Pelaksana tugas (Plt) Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Lamongan menjelaskan bahwa pameran tersebut merupakan bentuk penghargaan terhadap karya para siswa di Lamongan yang masih membangun jati diri dan memacu karya mereka agar lebih baik lagi.

Sebanyak 27 unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Pendidikan menampilkan produk unggulannya yang seluruhnya merupakan karya siswa. Karya itu dipamerkan di 38 anjungan lembaga pendidikan.

Hal yang mengejutkan dan membanggakan adalah hasil karya siswa SMK Negeri 1 Sarirejo, Lamongan, Jawa Timur, yang menciptakan sepeda motor berbahan bakar elpiji. Sepeda motor ini mampu menempuh jarak sejauh 400 km dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam.

“Dengan bahan bakar elpiji ini, polusi udara di Lamongan akan berkurang,” ujar Aris, guru SMK Negeri 1 Sarirejo di sela pameran.

Karya lain yang dipamerkan diantaranya dari siswa Kecamatan Madura yang memamerkan kain tenun ikat parengan dan siswa dari Kecamatan Lamongan Kota berupa lukisan serta alat peraga pendidikan yaitu dakon ajar. Dakon ajar ini bagian dari alat pengajaran matematika. Seluruh karya para siswa ini ditampilkan apa adanya.

Selain itu, siswa SMA BPPT Al Fatah menampilkan sejumlah karya ilmiah yang berhasil meraih penghargaan di antaranya light emitting diode (LED) yang digunakan dalam budi daya ‘chorella’ sebagai pakan ternak. Karya ini meraih juara kedua tingkat nasional Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diadakan Poltek Pertanian Jember.

Iklan

2 pemikiran pada “Motor Tenaga Elpiji Hasil Karya Siswa Lamongan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s