1 Jam Dengarkan MP3 Player Bisa Sebabkan Tuli

Para peneliti mengklaim bahwa hanya dengan satu jam mendengarkan lagu dari MP3 player akan merusak pendengaran seseorang. Awalnya hanya akan mengubah sensitifitas pendengaran, namun dalam jangka panjang akan merusak pendengaran. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Ghent, Belgia yang dipublikasikan di jurnal Head & Neck Surgery.

Dari hasil penelitian ini, dokter memperingatkan bahwa menggunakan MP3 dengan suara keras di telinga akan membuat seseorang kehilangan pendengarannya. Penelitian ini dilakukan kepada anak muda dengan usia berkisar dari 19 hingga 28 tahun dan hanya mendengarkan musik jenis pop atau rock dengan MP3 selama satu jam.

“Kerusakan terkonsentrasi pada sel rambut bagian luar, yang lebih rentan terhadap rangsangan akustik daripada sel-sel rambut bagian dalam telinga,” demikian jelas Hannah Kempler, peneliti senior dari Universitas Ghent.

Mengingat hal tersebut, menurutnya media player portable berpotensi menimbulkan bahaya bagi para penggunanya. Saat ini Komisi Eropa telah memberikan peringatan keras karena 10 persen mereka yang berusia 30 tahun telah menggunakan alat bantu pendengaran dalam satu dekade terakhir ini. Suara yang sangat keras yang di dengar melalui earphone menjadi salah satu penyebab utama.

Untuk menghindari rusaknya pendengaran ini, direkomendasikan aturan 60/60, yaitu mendengarkan musik melalui MP3 player tidak lebih dari 60 menit dengan suara 60 persen dari volume maksimum. Bagi Anda pengguna MP3, MP4, ataupun iPod dan sejenisnya, aturan ini perlu Anda perhatikan jika tidak ingin kehilangan pendengaran dalam usia muda.

Source : Daily Mail

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s