Di Mesir Ditemukan Kota Berusia 3500 Tahun

Irene Mueller, arkeolog Austria telah menemukan sebuah kota Mesir kuno kira-kira 3.500 tahun, yang terkubur di bawah tanah wilayah Timur Delta Nil, tepatnya di Tell-El Dab’a, Mesir timur laut.

Menurut kepala Tim Arkeologi Austria yaitu Irene Mueller, ada sebuah anak sungai Nil yang melewati tengah kota sehingga terlihat seperti dua pulau yang dikuburkan. Selain kota kuno, juga ditemukan pelabuhan dan beberapa sumur berbagai ukuran.

Bahkan sekretaris Jenderal Benda-Benda Purbakala Mesir (SCA), Zahi Hawwas juga mengatakan bahwa citra radar juga menunjukkan garis jalan, rumah-rumah, dan kuil-kuil dari kota bawah tanah dan terlibat sebuah perencanaan kota secara keseluruhan.

“Kemungkinan besar kota kuno tersebut dikuasai oleh bangsa Avaris, yang kemudian dijadikan ibukota dinasti Hyksos, yang menguasai Mesir antara abad 1664 SM sampai 1569 SM,” kata Menteri Kebudayaan Mesir, Farouk Hosni beberapa waktu lalu.

Suatu catatan sejarah yang luar biasa bahwa kota yang berdiri sebelum Masehi ini bisa diketemukan. Mungkin akan ada banyak sejarah yang akan terungkap.

Source : kompas/lh3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s