Tunduk Bukan Nanduk

Bacaan: Roma 13:1-7
Pelanggaran aturan-aturan dalam berlalu-lintas masih sering kita jumpai. Misalnya, mengendarai motor padahal belum memiliki SIM, tidak memakai helm, serta menerobos lampu merah seenaknya. Padahal, aturan sudah dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk menjaga keselamatan serta mengurangi risiko yang lebih besar bagi pengguna jalan raya. Itu baru soal aturan berlalu lintas, sementara masih banyak lagi aturan lain dalam kehidupan ini yang harus kita taati, baik di kantor, di pantai, di perpustakaan, dan di banyak tempat sebagainya.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa bukan hanya manusia yang mampu membuat aturan. Tuhan pun membuat aturan yang harus kita taati. Salah satunya agar kita memiliki ketaatan terhadap pemerintah. Sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah. Setiap pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Jika kita melanggar aturan pemerintah, yang adalah hamba Allah untuk kebaikan kita, bukankah kita juga sebenarnya tidak taat pada Tuhan dan kita juga sedang melawan Dia? Selain itu sebenarnya kita juga sedang mendatangkan murka Allah dalam hidup kita, seperti ditegaskan dalam Roma 13:1-2.

Menjadi pribadi yang taat peraturan memang tidak mudah. Namun sesungguhnya melalui setiap peraturan itulah Allah menyatakan kasihnya pada kita dan melalui itu pula, Dia hendak mengatur kehidupan kita agar lebih baik lagi. Percayalah, orang lain boleh tidak tahu setiap tindakan yang kita perbuat, tetapi ingatlah bahwa Tuhan mengetahuinya apakah tindakan yang kita perbuat itu tunduk atau menanduk terhadap perintah pemerintah.

Bagaimana dengan kita? Coba renungkan bagaimana sikap kita terhadap setiap peraturan yang ada di sekeliling kita. Hidup kita. Berapa kali kita dalam sehari kita tidak menaati pemerintah yang Tuhan tempatkan di atas kita, baik itu pemerintah yang sedang berkuasa saat ini, pimpinan atau bos kita, atau figur otoritas lain yang ada di hidup kita? Pagi ini marilah kita mengambil komitmen untuk menjadi pribadi yang taat aturan, dan lihatlah bagaimana hal itu akan membuat hari ini akan lebih baik dari hari kemarin. Berkat Allah akan turun dan murka Alah akan dijauhkan dari hidup kita. Jadilah pribadi yang taat pada aturan.

Sumber: Renugan Pagi, Juni 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s