Bolehkah Orang Kristen Gemar Musik Rock

Perseteruan penganut Kristen dengan musisi aliran musik rock jika diibaratkan bagai pertempuran di kawasan Timur Tengah, alias tidak ada henti-hentinya. Soalnya, dari dulu sejumlah kalangan Kristen terus menyoroti genre musik yang satu ini berasal dari setan. Betapa tidak. Banyak personil dari grup rock atau musisi beraliran rock—terutama di negara Barat—mengaku sebagai pemuja setan. Salah satunya adalah Marlyn Manson, yang bahkan terang-terangan mengaku sebagai pendeta gereja setan.

Selain itu, tudingan bahwa aroma musik rock kental dengan pengaruh setan, juga muncul dari kelakuan penganut dan penggemar musik yang berirama cadas ini. Ya, banyak di antara mereka yang mengenakan kostum berwarna hitam plus aksesori seperti topeng yang menyerupai wajah setan. Kostum-kostum itu banyak menampilkan gambar Yesus yang tengah disalib dengan isi perut terburai keluar. Ada juga gambar kepala kambing, pentagram, dan gambar salib terbalik.

Belum lagi pola mereka—saat menonton konser—yang kerap liar tak terkendali, seperti memutar-mutar kepala (head bang), melompat dari panggung ke kerumunan penonton, membenturkan badan, menjerit histeris, membakar dupa sembari menaburkan bunga, hingga menggotong tengkorak binatang.

Ada juga musisi rock yang tak segan-segan mempertontonkan adegan sadis. Yakni membunuh binatang dengan cara menggigit batang lehernya. Musisi Ozzy Osborne adalah salah satu musisi rock yang kerap mempertontonkan aksi ini dalam pertunjukkannya. Biasanya yang menjadi korban dari kebrutalan Osborne adalah binatang bertubuh kecil seperti burung (umumnya burung merpati) dan kelelawar. Belakangan, Osborne yang usianya sudah senja, mengaku bahwa aksi itu ia lakukan spontanitas saja, alias tidak ada hubungannya dengan memuja setan. Masih menurut Opa Ozborne, aksi itu ia lakukan—selain spontanitas—murni untuk mencari sensasi.

Bisa jadi, perilaku liar—baik pendengar mau pun pemusik—dan tampilan sangar, sekadar untuk mencari sensasi dan menunjukkan ekspresi. Benarkah demikian? Well, sebetulnya tidak adil jikalau semua musisi beraliran keras dianggap sebagai pengikut setan. Banyak juga kelompok musik rock yang meski mengusung genre rock, menggunakan medium ini untuk penginjilan.

Yup! Saint Loco, grup musik cadas ini adalah satu band lokal yang mengaku bahwa musik mereka diinspirasikan penyembahan kepada Tuhan. Stream sekuler sengaja dipilih oleh personel Saint Loco, untuk bisa “menginjili” orang-orang di luar Kristus. Sebab, jika mereka dari semula sudah memproklamirkan sebagai band rohani, bisa jadi nama mereka tidak sepopuler sekarang.

Di luar sana, ada band U2, yang setali tiga uang dengan Saint Loco. Grup rock religius yang bermain di ranah sekuler. Dalam konsernya, sang vokalis, Bono, selalu menyisipkan pesan rohani. Hal yang sama juga berlaku bagi lirik-lirik lagu ciptaan band yang berasal dari Irlandia ini. Di Indonesia sendiri grup ini cukup populer. Bisa jadi ini karena—mungkin—banyak pendengar musik Indonesia yang kurang mengerti makna lirik lagu tersebut, yang notabene Kristen banget! Jadi, orang Kristen boleh tidak menggemari musik rock? Hmm… menurut kamu?

Iklan

8 pemikiran pada “Bolehkah Orang Kristen Gemar Musik Rock

    • hehe…gpp bro/bri..hee..
      thx bgd…
      bner bgd “jikalau semua musisi beraliran keras dianggap sebagai pengikut setan.,, Banyak juga kelompok musik rock yang meski mengusung genre rock, menggunakan medium ini untuk penginjilan”

  1. Saya ada banyak teman dan kenalan di Amerika. Saya sound engineer dan pernah mix untuk beberapa kumpulan rock Kristian. Muzik jenis ini tetap mempunyai gigitan mautnya. Ia tidak menggambarkan apa yang alkitabiah. Apapun alasan untuk membenarkannya, saya tidak dapat lihat kebenarannya. Sikap dan sifat muzik ini tidak menggambarkan karakter rohani. Demikian juga dengan para ahli pemainnya. Masalahnya, Indonesia terlalu menganggap apa sahaja yang dilakukan oleh orang yang menggelar diri mereka Kristian di Amerika, terus sahaja diterima dan diikuti. Kelihatannya, lebih sibuk berlumba-lumba meniru, untuk tumpang glamour. It is a good business, but not a good theology. Orang sanggup menamakan sesuatu itu Kristian atau atas nama Yesus, asalkan laris dan enjoy, tetapi tidak semestinya betul. Menurut kajian Dial The Truth Ministry, 95% Christian Contemporary Music (CCM) tidak lulus Alkitab. Indonesia lebih cepat dipengaruhi dan kini menjangkiti Malaysia. Hal ini terjadi kerana ramai yang tidak mahu tahu kebenaran, kerana asyik mengejar keseronokan.

  2. Gak mesti musik rock itu mengandung aliran setan! Musik pop pun juga bisa mengandung aliran setan! Yang terpenting adalah makna dari lagu tersebut! Jika musik dimanfaatkan untuk memuliakan nama Tuhan Yesus Kristus, musik HEAVY METAL pun Puji Tuhan , pasti akan berkenan di hadapanya

  3. Saya suka Mendengar musik Rock….
    apalagi aliran musik Death Metal. Jadi karena saya ingin mengganti/merubah kebiasaan buruk saya karena mendenga Musik rock sekuler, dan berhubung saya ini penganut protestan, jadi saya ingn mengetahui grup-grup apa saja yang mengusung aliran rock khususnya rock rohani.
    terima kasih…..

  4. banyak expresi orang memuliakan nama tuhan sob,,,,,musik rock HANYA genre musik… yang mungkin penyampaiyan nya berbeda dengan yang sering kuping kita dengar , , ,, penting isi nya memuliakan nama tuhan,,, why not?

  5. perlu kita ketahui bahwa SETAN dan IBLIS bekerja dlm banyak hal termasuk dlm musik rock.saat mereka berulah di panggung bisa aja bilang just action.tapi sebenarnya alam bawah sadar mereka telah dikendalikan oleh setan utk lakukan gerakan/ritual pemujaan setan.intinya kalo ada jenis musik yg lebih baik kenapa harus pake musik rock yg jelas2 TUHAN YESUS gak bakalan jingkrak2 ky musisi rock. BERTOBATLAH !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s